Hantu Pocong

Sosok hantu pocong amat dikenal di Indonesia terutama pada masyarakat di pulau Jawa. Sosok hantu ini dikenal mengerikan dengan wajah busuk ataupun pucat. Kain kafan juga masih mengikat lengkap pada tubuhnya. Mitos yang berkembang di masyarakat adalah, hantu pocong merupakan sosok hantu yang menyaru dengan orang yang sudah meninggal dan bergentayangan untuk meminta dilepaskan tali pocongnya, hantu tersebut bergentayangan dan penasaran karena saat prosesi pemakaman orang yang mengurus jenazah tersebut lupa untuk melepas tali pocong yang ada di kepala mayat tersebut. Sehingga hantu pocong bergentayangan dari rumah ke rumah untuk meminta tolong dilepaskan tali pocongnya tersebut.

Terlepas dari percaya dan tidak percaya, mitos tentang hantu pocong berkembang secara luas, hingga film ciptaan anak negeri pun juga meraup sukses dari cerita mitos hantu pocong tersebut. Isu mengenai penampakan pocong, beredar luas pada tahun 1999 di daerah Jogjakarta tepatnya di daerah Gejayan, hingga Catur Tunggal Depok Sleman DIY, di mana isu tersebut berkembang setelah pemakaman seorang gadis muda yang meninggal karena sakit demam berdarah dan dimakamkan di sebuah pemakaman umum di daerah jalan Gejayan yang sekarang menjadi jalan Affandi.

Konon menurut cerita yang berkembang gadis tersebut saat dimakamkan, pihak pengurus jenazahnya lupa melepas tali kain kafan pocong gadis tersebut, sehingga hantu pocong itu bergentayangan. Isu tersebut semakin berkembang dan sangat meresahkan di kala itu, di mana seorang anggota Kepolisian jatuh pingsan saat hantu pocong tersebut mengetuk pintu kamar kostnya dan saat pintu kamar tersebut dibuka, muncullah wajah pocong seorang gadis yang sangat pucat dan mengerikan serta minta tolong untuk dibukakan tali pocongnya.

Tidak hanya di kota Jogja isu mengenai hantu pocong tersebut berkembang, bahkan di kota Bogor pun isu hantu pocong juga sempat meresahkan seluruh warga kota bogor, yang dikenal dengan pocong bogor, menariknya ada beberapa versi yang muncul setelah isu pocong Bogor tersebut berkembang, tidak hanya karena tewas nya seorang pemuda karena kecelakaan, serta kasus pembunuhan yang terjadi saat itu.

Berbagai cerita warga penduduk pun yang mengaku melihat penampakan hantu pocong Bogor tersebut selalu menghiasi koran lokal pada saat itu. Entah percaya ataupun tidak percaya, penampakan pocong memang sulit untuk dibuktikan, apakah memang benar-benar terjadi penampakan pocong, karena kita sebagai orang beriman wajib mempercayai hal-hal gaib ataupun isu tersebut sengaja dimunculkan untuk mengalihkan kondisi politik saat itu yang sedang memanas? Wallahualam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: